Deretan Cara Berburu Pekerjaan Impian di Qatar

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 19:14

Punya keinginan bekerja di Qatar, tetapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya? Anda hanya perlu mencari informasi terkait langkah mencari pekerjaan dan bagaimana mengurus segala sesuatunya sebelum keberangkatan.

Namun demikian, beberapa informasi terkadang kurang jelas sehingga membuat kandidat tidak memahami alur. Untuk membantu, berikut merupakan proses mencari hingga menemukan pekerjaan di Qatar!

  • Agen perekrutan

Jika memiliki pengalaman kerja beberapa tahun, mencari pekerjaan di Qatar mungkin lebih mudah apabila melalui agen perekrutan. Negara bahkan memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, mulai dari lokal kecil hingga agensi internasional berskala besar, mulai dari Adecco, Robert Half, Michael Page, QHR, Al Noof, Bayt, Work Circle dan Gulfaar.

  • Job fair dan jaringan

Sama halnya dengan di Indonesia, mencari pekerjaan di Qatar lebih mudah jika kandidat memiliki jaringan. Oleh karena itu, penting membangunnya dengan baik. Bisa juga dengan menghadiri job fair yang biasanya digelar untuk mempromosikan lowongan kerja.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan surat kabar untuk mencari lowongan pekerjaan. Kemudian, kini semua akan lebih mudah dengan memanfaatkan platform, situs atau media sosial. Maka penting membangun profil yang baik, misalnya di Linkedln. Dari sana user bisa melihat pekerjaan apa yang diiklankan.

Cara tersebut juga memungkinakan mencari informasi tentang perusahaan. Kini sebagian besar telah memiliki situs resmi, sehingga memungkinkan calon pekerja bisa mencari sedetail mungkin.

  • Wirausaha dan freelancer

Dua pekerjaan itu kini semakin populer, namun keduanya tidaklah umum di Qatar, terutama bagi ekspatriat. Sebab siapapun yang ingin bekerja di negara tersebut memerlukan visa tinggal dan Anda tidak bisa mendapatkan ini kecuali jika memiliki atasan/majikan yang mensponsori.

  • Magang dan sukarelawan

Jika pekerjaan penuh waktu tidak menarik, maka bisa mempertimbangkan untuk menjadi sukarelawan atau menjajal program magang. Banyak perusahaan besar di Qatar yang menyediakan kesempatan itu, seperti Shell, Qatar Airways, Woqod, DHL, Qatar-America Institute, HSBC dan KPMG.

 

Jadi melalui beragam cara di atas, berburu pekerjaan di Qatar jadi lebih mudah. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp